Di tahun 2007,
Indosat memantapkan posisi keunggulannya dengan menorehkan prestasi gemilang
melalui pertumbuhan jasa seluler, telepon tetap dan data tetap serta
profitabilitas yang mengesankan.Setelah 40 tahun berkiprah, prestasi tersebut
akan terus digulirkan melalui serangkaian layanan unggulan untuk memacu
pertumbuhan yang berkelanjutan seraya memantapkan perannya sebagai pemain
penting di industri telekomunikasi.
Bapepam&LK
mewajibkan perusahaan untuk menyampaikan informasi yang setara kepada otoritas
pasar modal dan bursa efek, seperti ditetapkan dalam Peraturan Bapepam&LK
Nomor X.K.7. Bagian ini memberikan referensi untuk Peraturan Bapepam&LK
Nomor X.K.6 untuk menunjukkan kepatuhan terhadap persyaratan-persyaratan yang
ada.
Kinerja 2007
Pendapatan Usaha Rp6.488,5
milyar, meningkat 34,7%
Laba Usaha Rp4.59,6 milyar,
meningkat 33,0%
Laba Bersih Rp2.042,0 milyar,
meningkat 44,8%
Laba per Saham Dasar Rp375,8,
meningkat 44,0%
EBITDA Rp8.74,8 milyar,
meningkat 23,6%
1. Pengembangan jaringan secara
selektif.
2. Penyempurnaan sistem
distribusi.
3. Inovasi produk dan layanan
secara terus menerus.
Inisiatif
Utama untuk tahun 2008
1 . Ekspansi seluler ke luar Pulau Jawa dan terus memantapkan kekuatan di Pulau Jawa.
2. Meningkatkan pertumbuhan layanan nirkabel cakupan terbatas (FWA) secara agresif.
3. Memacu pertumbuhan bisnis wireless broadband.
4. Melanjutkan penambahan jaringan backbone ke seluruh Indonesia.
5. Meningkatkan manfaat menara telekomunikasi sebagai pendukung jasa-jasa Indosat dan peningkatan value bagi stakeholder.
V i s i
Menjadi perusahaan penyedia solusi
informasi dan komunikasi pilihan
• Menawarkan produk, layanan, dan
solusi informasi dan komunikasi yang
lengkap dan berkualitas
• Berada pada “Top-Of-Mind”
pelanggan dalam menyediakan
produk, layanan, dan solusi informasi
dan komunikasi
• Menyediakan produk dan layanan
yang dapat meningkatkan kualitas
hidup dari masyarakat yang dilayani
1 . Ekspansi seluler ke luar Pulau Jawa dan terus memantapkan kekuatan di Pulau Jawa.
2. Meningkatkan pertumbuhan layanan nirkabel cakupan terbatas (FWA) secara agresif.
3. Memacu pertumbuhan bisnis wireless broadband.
4. Melanjutkan penambahan jaringan backbone ke seluruh Indonesia.
5. Meningkatkan manfaat menara telekomunikasi sebagai pendukung jasa-jasa Indosat dan peningkatan value bagi stakeholder.
V i s i
Menjadi perusahaan penyedia solusi
informasi dan komunikasi pilihan
• Menawarkan produk, layanan, dan
solusi informasi dan komunikasi yang
lengkap dan berkualitas
• Berada pada “Top-Of-Mind”
pelanggan dalam menyediakan
produk, layanan, dan solusi informasi
dan komunikasi
• Menyediakan produk dan layanan
yang dapat meningkatkan kualitas
hidup dari masyarakat yang dilayani
M i s i
• Menyediakan
dan mengembangkan
produk,
layanan dan solusi inovatif
dan
berkualitas untuk memberikan
manfaat yang
sebesar-besarnya bagi
para pelanggan
• Meningkatkan
shareholder value
secara terus
menerus
• Mewujudkan
kualitas kehidupan
Karyawan
Per tanggal 31 Desember 2007,
secara gabungan, Perusahaan telah mempekerjakan sekitar 7.645 karyawan, 4.806 di
antaranya adalah karyawan tetap dan 2.839 lainnya adalah karyawan tidak tetap.
Per tanggal 31 Desember 2007, di luar karyawan yang ditempatkan, anak-anak
perusahaan kami telah mempekerjakan sekitar 882 karyawan tetap. Per tanggal 31
Desember 2007, karyawan tetap kami meliputi 754 karyawan tingkat manajer
(karyawan dengan jabatan manajer atau lebih tinggi) and 3.170 karyawan non-manajer,
dibandingkan dengan 721 manajer and 3.242 non-manajer per tanggal 31 Desember
2006, dan 769 manajer dan 3.438 non-manajer per tanggal 31 Desember 2005.
Setelah kami melakukan penggabungan dengan Satelindo, IM3 dan Bimagraha, banyak
karyawan dari perusahaan-perusahaan yang bergabung tersebut yang dipindahkan ke
Perusahaan. Tingkat turnover karyawan kami selama tahun 2007 adalah
4,92% per tahun, dimana lebih dari setengahnya berhenti secara sukarela dengan memilih
program pensiun dini. Dengan demikian, per tanggal 31 Desember 2007, rata-rata
jangka waktu karyawan yang bekerja di Perusahaan adalah 10,92 tahun.Perusahaan
memberikan berbagai tunjangan kepada karyawan, yaitu program pensiun, tunjangan
kesehatan, asuransi jiwa, tunjangan pajak penghasilan dan akses ke koperasi
yang didirikan oleh para karyawan. Kami tidak dikenakan batasan-batasan dalam
melakukan penerimaan karyawan, akan tetapi, seperti halnya dengan semua perusahaan
Indonesia, kami diwajibkan untuk memperoleh persetujuan dari Panitia
Penyelesaian Perselisihan Perburuhan Pusat untuk dapat memberhentikan 10
karyawan atau lebih dalam jangka waktu satu bulan.
Pada tanggal 25 Agustus 1999, karyawan kami
membentuk suatu serikat pekerja yang dinamakan Serikat Pekerja Indosat, atau
SPI. Pada tanggal 15 September 2006, manajemen kami dan SPI telah
menandatangani suatu perjanjian kerja bersama yang memuat ketentuan-ketentuan
kerja umum, meliputi jam kerja, gaji, pengembangan dan kompetensi karyawan,
kesehatan dan keselamatan kerja, kesejahteraan karyawan, tunjangan sosial, tata
tertib karyawan dan tata cara penyelesaian perselisihan.Sejumlah karyawan kami
berhak atas pensiun berdasarkan program tunjangan yang telah ditetapkan, dimana
mereka memperoleh pembayaran sekaligus dan tunjangan bulanan melalui program
asuransi yang dikelola oleh PT Asuransi Jiwasraya (Persero), suatu perusahaan
asuransi milik negara. Per tanggal 31 Desember 2007, kami telah mengasuransikan
2.514 karyawan tetap melalui program pensiun yang dibiayai penuh. Berdasarkan
program ini, seorang karyawan yang mengundurkan diri pada saat berusia 56
tahun, maka ia akan menerima tunjangan pensiun. Selain itu, kami juga membuat
program pensiun kontribusi yang ditetapkan untuk para karyawan kami pada bulan
Mei 2001. Setelah dilakukannya merger Satelindo dan IM3 ke dalam Indosat, kami
menggabungkan program kami dengan program pensiun kontribusi yang ditetapkan
untuk karyawan perusahaan-perusahaan yang bergabung. Berdasarkan program
kontribusi yang ditetapkan, seorang karyawan akan memberikan kontribusi sebesar
10% sampai dengan 20% dari gaji pokoknya, dan kami tidak memberikan kontribusi
ke program tersebut. Administrasi dan manajemen program dikoordinasi oleh tujuh
lembaga keuangan. Berdasarkan SAK Indonesia dan US GAAP, kewajiban pensiun kami
dianggap telah dibiayai penuh.
Para karyawan kami juga membentuk sebuah
koperasi yang dinamakan Koperasi Pegawai Indosat atau Kopindosat. Kopindosat
menyediakan berbagai manfaat, seperti pinjaman yang bersifat konsumtif,
prinsipal untuk para karyawan kami, dan penyewaan mobil, rumah dan peralatan,
terutama untuk Perusahaan. Manajemen Kopindosat dipilih oleh para karyawan
setiap tiga tahun sekali dalam rapat anggota tahunan. Kopindosat dan beberapa
anak perusahaannya berada di bawah pengawasan manajemen kami. Kopindosat
memiliki saham minoritas di dalam beberapa perusahaan afiliasi kami. Perusahaan
juga menempatkan beberapa karyawan kami untuk sementara waktu di Kopindosat dan
anak perusahaannya untuk membantu mereka dalam menjalankan usahanya, dan memberikan
pelatihan kerja untuk para karyawannya. Pada bulan November 2006, kami menerima
penghargaan “HR Excellence Award 2006” dari Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi
Universitas Indonesia (LMFEUI), majalah SWA dan Human Resources Indonesia untuk
tiga kategori: manajemen sumber daya manusia; kinerja manajemen; dan manajemen
pelatihan dan pengembangan. Kami adalah satu-satunya perusahaan telekomunikasi
yang mendapat penghargaan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar