Pengembangan game adalah proses di mana sebuah game dibuat. Hari ini
paling sering istilah ini mengacu kepada perkembangan video game.
Pengembangan game dilakukan oleh seorang
developer, bisa 1 orang atau 1 perusahaan besar. Biasanya, game
komersial berskala besar dibuat oleh tim pengembang dalam sebuah
perusahaan yang mengkhususkan pada game komputer atau konsol. Video game
modern umumnya menghabiskan biaya mulai dari USD $1.000.000 sampai
lebih dari $20.000.000 untuk dikembangkan. Pengembangan biasanya didanai
oleh sebuah penerbit. Sebuah game modern bisa memakan waktu 1-3 tahun
untuk dikembangkan, meskipun ada pengecualian lainnya.
Proses pengembangan game bervariasi
tergantung pada perusahaan dan proyek. Namun perkembangan game komersial
biasanya meliputi tahapan sebagai berikut.
1. Pre-Production
Fase awal perkembangan game sering ditandai oleh rendahnya kualitas grafis. Hal ini benar terutama dari berbagai permainan prototipe. Produsen game bekerja selama pra-produksi yang umumnya terkait dengan perencanaan jadwal, anggaran & perkirakan tugas dalam tim. Melakukan produser ini bertujuan untuk membuat rencana produksi yang padat sehingga produksi dapat dimulai bila diperlukan tanpa penundaan.
Fase awal perkembangan game sering ditandai oleh rendahnya kualitas grafis. Hal ini benar terutama dari berbagai permainan prototipe. Produsen game bekerja selama pra-produksi yang umumnya terkait dengan perencanaan jadwal, anggaran & perkirakan tugas dalam tim. Melakukan produser ini bertujuan untuk membuat rencana produksi yang padat sehingga produksi dapat dimulai bila diperlukan tanpa penundaan.
2. Production
Produksi mainstream biasanya didefinisikan sebagai periode waktu ketika proyek sepenuhnya dikerjakan. Programmer menulis banyak kode baru, artis game mengembangkan aset permainan seperti sprite, unsur permainan model 3D. Sound insinyur mengembangkan efek suara dan komposer musik untuk mengembangkan game. Desainer menciptakan tingkat lanjutan dan kenyamanan mata saat memainkan game tersebut dan penulis menulis dialog untuk cutscenes dan NPC.
Produksi mainstream biasanya didefinisikan sebagai periode waktu ketika proyek sepenuhnya dikerjakan. Programmer menulis banyak kode baru, artis game mengembangkan aset permainan seperti sprite, unsur permainan model 3D. Sound insinyur mengembangkan efek suara dan komposer musik untuk mengembangkan game. Desainer menciptakan tingkat lanjutan dan kenyamanan mata saat memainkan game tersebut dan penulis menulis dialog untuk cutscenes dan NPC.
Sementara itu, desainer game menerapkan
dan memodifikasi desain game untuk mencerminkan visi sebuah game. Fitur
dan level seringkali dihapus atau ditambahkan. Gaya seni yang ada bisa
dikembangan dan backstory mungkin dirubah. Platform baru mungkin saja
menargetkan game dengan demografis baru. Semua perubahan ini harus
didokumentasikan dan tersebar ke seluruh tim. Sebagian besar perubahan
terjadi sebagai pembaruan dokumen desain.
Dari sudut pandang waktu, level pertama
dari game bisa memakan waktu yang lama untuk dikembangkan. Sebagai
desainer dan artis menggunakan alat-alat untuk membangun level, mereka
meminta fitur dan perubahan yang lebih cepat dan memungkinkan untuk
pengembangan dengan kualitas yang lebih tinggi. Memperkenalkan fitur
baru dapat menyebabkan level lama menjadi usang, sehingga level awal
bisa dikembangkan berkali-kali. Karena lingkungan dinamis pada
pengembangan game, desain level awal dapat juga berubah seiring
berjalannya waktu. Hal ini tidak jarang menghabiskan lebih dari dua
belas bulan pada satu level game yang dikembangkan selama 3 tahun. Level
selanjutnya dapat dikembangkan jauh lebih cepat sebagai set fitur yang
lebih lengkap dan visi permainan yang lebih jelas dan lebih stabil.
3. Testing (pengujian)
Staf pengujian paling banyak diandalkan pada akhir proyek karena mereka tidak hanya perlu untuk menguji fitur baru yang ditambahkan, level dan perbaikan bug, tapi mereka juga perlu melakukan pengujian regresi untuk memastikan bahwa fitur-fitur yang telah ada ditempatnya selama berbulan-bulan bisa beroperasi dengan benar. Hal ini juga sering ketika fitur dan level sedang selesai pada level tertinggi, sehingga ada lebih banyak materi baru yang akan diuji daripada waktu lainnya dalam proyek. Pengujian regresi merupakan salah satu tugas paling penting yang dibutuhkan untuk pengembangan software yang efektif.
Staf pengujian paling banyak diandalkan pada akhir proyek karena mereka tidak hanya perlu untuk menguji fitur baru yang ditambahkan, level dan perbaikan bug, tapi mereka juga perlu melakukan pengujian regresi untuk memastikan bahwa fitur-fitur yang telah ada ditempatnya selama berbulan-bulan bisa beroperasi dengan benar. Hal ini juga sering ketika fitur dan level sedang selesai pada level tertinggi, sehingga ada lebih banyak materi baru yang akan diuji daripada waktu lainnya dalam proyek. Pengujian regresi merupakan salah satu tugas paling penting yang dibutuhkan untuk pengembangan software yang efektif.
4. Penyelesaian
Setelah game dibuat, beberapa developer akan memberikan waktu kompensasi untuk anggota tim (mungkin sampai satu atau dua minggu) untuk mengkompensasi lembur dalam menyelesaikan permainan, meskipun kompensasi ini bukanlah suatu standar.
Setelah game dibuat, beberapa developer akan memberikan waktu kompensasi untuk anggota tim (mungkin sampai satu atau dua minggu) untuk mengkompensasi lembur dalam menyelesaikan permainan, meskipun kompensasi ini bukanlah suatu standar.
5. Pemeliharaan
Konsol game dulu dianggap 100% lengkap sehingga tidak mungkin adanya masalah atau bug. Namun, dengan pengenalan konsol yang bisa online seperti Xbox 360, PlayStation 3 dan Wii sebagian besar game menerima patch dan perbaikan setelah karena adanya bug dan masalah-masalah kecil, seperti game komputer.
Konsol game dulu dianggap 100% lengkap sehingga tidak mungkin adanya masalah atau bug. Namun, dengan pengenalan konsol yang bisa online seperti Xbox 360, PlayStation 3 dan Wii sebagian besar game menerima patch dan perbaikan setelah karena adanya bug dan masalah-masalah kecil, seperti game komputer.
Sementara konsol game dapat dikembangkan
untuk kumpulan komponen yang berhingga, game komputer dapat memiliki
konflik dengan berbagai konfigurasi hardware pengguna. Developer mencoba
untuk menjelaskan konfigurasi yang paling umum, tetapi tidak dapat
mengantisipasi semua sistem permainan yang mungkin mereka coba. Hal ini
merupakan penerapan umum untuk pengembang game komputer untuk merilis
patch. Patch ini digunakan untuk dikirimkan kepada pengguna melalui
floppy disk, tetapi sekarang umumnya tersedia untuk didownload melalui
situs web pengembang.
6. Durasi
Game modern bisa memakan waktu 1-3 tahun untuk menyelesaikannya. Lamanya suatu pengembangan bergantung pada sejumlah faktor, seperti genre, skala, platform pengembangan dan jumlah aset.
Game modern bisa memakan waktu 1-3 tahun untuk menyelesaikannya. Lamanya suatu pengembangan bergantung pada sejumlah faktor, seperti genre, skala, platform pengembangan dan jumlah aset.
Sebagai contoh, sebuah game puzzle yang
sederhana dengan menggunakan grafik 2D akan jauh lebih sedikit memakan
waktu untuk dikembangkan daripada game role-playing komputer 3D.
Pertimbangan lainnya adalah penggunaan
mesin game middleware. Mengembangkan mesin 3D dari bawah ke atas
membutuhkan waktu lebih banyak daripada menggunakan paket middleware
yang ada Cots (commercial, off-the-shelf) seperti Gamebryo atau
RenderWare. Sebagai contoh, Gas Powered Games mengembangkan sebuah mesin
3D kustom untuk permainan mereka Dungeon Siege. Pengembangannya memakan
waktu 3 tahun. Firaxis menggunakan mesin game Gamebryo untuk permainan
mereka Sid Meier’s Pirates! yang dikembangkan selana 2 tahun kurang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar