like-button.net Selamat Membaca: Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat

Sabtu, 27 November 2010

Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat

Pelapisan Sosial
            Pelapiasn social bisa kita sebut sebagai sebuah urutan atau tingkatan , pelapisan sosial bisa dikatakan sama dengan kesamaan derajat, ke dua-duanya memiliki tali hubungan yang erat , karena kedua hal ini sangat berkaitan antar yang satu dengan yang lain.maka dari itu, semua atau sebagian orang yang mengkritik hal ini , karena bila tak mengkritik , orang itu bias dikatakan akan keterlaluan terhadap semua hak dan kewajiban yang harus dibagi sama ratakan terhadap semua orang, tetapi semua itu kembali pada individual masing-masing atau pribadi diri kita, karena semua itu kita yang melakukan dan melaksanakan jadi kita juga yang akan rasakan jika kita biasa melakukan sesuai yang ditetapkan.
            Seperti yang dikemukakan oleh Pitirim A. Sorokin bahwa pelapisan sosial adalah pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat (hierarkis). Lapisan tersebut dibagi menjadi 2, yaitu ada lapisan yang tinggi dan ada lapisan dibawahnya. Yang mana disetiap lapisan tersebut dinamakan Strata Sosial. Istilah lapisan ini tidak hanya dipakai oleh Piritim A. Sorokin, tetapi juga dipakai oleh P.J. Bouman dan Max Weber, yang mana arti dari lapisan itu sendiri adalah golongan manusia yang ditandai dengan suatu cara hidup dalam kesadaran akan beberapa hak istimewa tertentu dan menurut gengsi kemasyarakatan juga.

Adapun dasar-dasar dalam pembentukan pelapisan sosial, seperti :
1. Ukuran kekayaan
2. Ukuran kehormatan
3. Ukuran ilmu pengetahuan





KESAMAAN DERAJAT


       Kesamaan derajat itu merupakan sesuatu yang bisa dikatakan atau sesuatu yang selalu berhubungan dengan status. Kesamaan derajat terkadang dapat membuat seseorang merasa menjadi lebih berwibawa, dan biasanya orang yang mempunyai sifat seperti itu rasanya dia ingin selalu disegankan di sekitar atau di lingkungan tempat tinggalnya. Sifat yang seperti ini sangat tidak baik. Dalam hidup bertetangga kita jangan sampai mempunya sifat yang seperti itu, karna itu akan membuat hubungan antar tetengga menjadi tidak harmonis dan itu rasanya sangat tidak enak dan nyaman. Dalam hidup bertetangga kita harus selalu tanamkan prinsip bahwa apa yang kita inginkan harus sesuai dengan apa yang kita rasakan.
            
            Banyak sekali contoh kejadian yang menggambarkan tentang hubungan antara pelapisan sosial dengan kesamaan derajat. Salah satu contoh dalam lingkungan kita, kita dapat temukan hal ini di lingkungan kita sendiri, bagi orang yang memiliki lapisan social tertinggi di lingkungannya , maka orang itu juga akan mendapatkan sesuatu yang istimewa di masyarakatnya, seperti dihormati , dihargai , serta memiliki wibawa yang sangat tinggi, karena mereka memiliki tempat atau derajat yang sangat dihormati ,tetapi semua itu kembali terhadap kepada individu. Masih banyak contoh lainya, pelapisan social dam kesamaan derajat memiliki cangkupan yang sangat luas , kita akan temukan dalam mendapatkan pekerjaan , dalam memilih pasangan pun terkadang dilihat dari hal ini. Oleh karena itu , kita sebagai manusia harus bersikap adil terhadap sesama manusia ,kita satu jenis ciptaan ALLAH yang memiliki jenis pria dan wanita, marilah berbagi terhadap sesama, berlaku adil untuk mencapai semuanya.


             Lantas timbul pertanyaan, dimana letak kesamaan derajat itu? Hak dan kewajiban yang dimiliki masyarakat tadi itu perannya sangat penting untuk ditetapkan atau diterapkan dalam suatu Undang-undang atau konstitusi, yang mana nantinya Undang-undang atau konstitusi yang sudah dibuat itu akan diberlakukan untuk semua golongan masyarakat, tanpa pandang bulu dan tanpa terkecuali sekalipun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Read more: http://infoku-bloggerku.blogspot.com/2012/10/cara-membuat-like-box-melayang-dengan.html#ixzz2ULzwoYsg