like-button.net Selamat Membaca: Perbandingan Game 3D dan 3D

Sabtu, 11 Mei 2013

Perbandingan Game 3D dan 3D

Di dalam video games, pasti tidak luput dari hal perkembangan teknologi yaitu pada bagian visual/gambar, yang sangat berpengaruh pada games itu sendiri. Bisa dikatakan dengan didukung oleh teknologi visual ini, sehingga para gamers bisa berinteraksi lebih pada saat bermain.



Video games pada sekitar tahun 90-an sangat terkenal. Pada saat itu masih menggunakan teknologi grafik 2D (2 Dimensi), secara geometri artinya panjang x lebar. Grafik 2 Dimensi merupakan teknik penggambaran yang berpatokan pada titik koordinat sumbu x (datar) dan sumbu y (tegak). Agar dapat tampil dengan sempurna, gambar yang akan ditampilkan dengan teknik ini harus memiliki nilai koordinat x dan y minimum 0 dan maksimum sebesar resolusi yang digunakan.
Teknologi grafik 2D ini contohnya terdapat pada games seperti Mario Bros, Street Fighter, Sonic, dan lainnya, yang dipopulerkan oleh produsen konsol Nintendo dan Sega. 
Seiring perkembangan jaman, teknologi pun semakin berkembang pesat. Lalu dari grafik 2D tersebut dikembangkan menjadi 3D (3 Dimensi) oleh para ahli. Grafik 3D adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Grafik 3D merupakan teknik penggambaran yg berpatokan pada titik koordinat sumbu x(datar), sumbu y(tegak), dan sumbu z(miring). Representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Biasanya 3D digunakan dalam penanganan grafis. 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card. Saat ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri (bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer.
Dengan begitu, produsen-produsen konsol seperti Nintendo pun meng-upgrade teknologi yang mereka miliki. Lalu timbul lah pesaing-pesaing baru seperti PlayStation, X-Box. Akan tetapi games dengan teknologi grafik 3D ini tidak hanya bisa dimainkan di konsol-konsol tersebut, melainkan sekarang sudah bisa dimainkan di PC juga. Dalam hal kenyamanan, itu tergantung masing-masing gamers, apakah ia lebih nyaman hanya dengan manggunakan konsol, ataupun PC. Tapi menurut saya, jika di PC, kita bisa sepuasnya mengupgrade hardware seperti graphic card, RAM, agar menghasilkan kualitas gambar yang lebih bagus. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Read more: http://infoku-bloggerku.blogspot.com/2012/10/cara-membuat-like-box-melayang-dengan.html#ixzz2ULzwoYsg