Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai materi yang ada pada mata kuliah Grafik Komputer sehubungan dengan tugas mata kuliah Pengantar Teknologi Game. Saya akan menjelaskan tentang pengantar teknologi game.nah kali ini saya akan membahas tentang game 2D dan game 3D,sudah pada tahu belum sich apa itu game ? oke biar lebih paham saya akan bahas secara perlahan - lahan
Game adalah permainan yang menggunakan media elektronik, merupakan
sebuah hiburan berbentuk multimedia yang di buat semenarik mungkin agar
pemain bisa mendapatkan sesuatu sehingga adanya kepuasaan batin. Bermain
game merupakan salah satu sarana pembelajaran.
Untuk para penggemar video game dan animasi
pasti sudah tidak asing lagi dengan grafik 2D/3D. Dengan adanya perkembangan
grafik komputer yang pesat, sangat memudahkan kita untuk berinteraksi dengan
komputer dan memahami konsep yang diberikan secara visual. Perkembangan grafik
komputer juga berdampak besar terhadap revolusi dibidang animasi dan video game.
Pengertian grafik komputer yaitu suatu bidang dari komputasi visual,
dimana orang yang menggunakan komputer tersebut bertujuan menghasilkan gambar
visual secara sintetis dan untuk mengintegrasikan atau mengubah informasi
mengenai ruang dan visual yang ada pada dunia nyata.
Grafik komputer mengalami kemajuan dimulai pada tahun 1960-an. Berawal
dari pengembangan program yang bernama Sketchpad oleh Ivan
Sutherland. Sketchpad sendiri merupakan suatu program revolusioner yang ditulis oleh Ivan
Sutherland pada tahun 1963. Program tersebut membantu merubah cara orang
berinteraksi dengan komputer. Peranan Sketchpad sangat penting karena dianggap
sebagai nenek moyang dari program Computer Aided Drafting (CAD) dan menjadi
suatu terobosan utama di dalam pengembangan grafik komputer secara umum. Dengan
adanya Sketchpad, Ivan Sutherland mempertunjukan bahwa grafik komputer dapat
digunakan untuk tujuan teknis dan artistik.
Berawal dengan kemunculan grafik 2D. Grafik 2D dapat kita ketahui
berdasarkan ruangnya yang hanya memiliki dua sisi, yaitu x dan y. Dalam
pengambilan gambarnya sendiri dapat menggunakan vektor atau Bitmap. Sedangkan
bila kita melihat suatu animasi yang bergerak, berjalan, melompat, berlari dan
semacamnya, hal itu dapat terjadi karena gambar yang dibuat satu persatu atau
disebut juga frame untuk menghasilkan gerakan gerakan tersebut. Sehingga bentuk
gerakan ditentukan oleh gambar yang dibuat, jumlah frame yang digunakan, serta
hitungan gambar per detik. Jadi semakin tinggi hitungan gambar per detiknya
maka semakin mulus juga gerakan yang akan dihasilkan. Sebagai contoh grafik 2D
pada game 2D dibatasi dengan konsep awal yang dikenal side-scrolling
background. Side-scrolling background adalah suatu game dimana saat kita
mainkan kameranya akan bergeser ke kanan atau ke kiri dengan kecepatan sesuai
dengan gerakan dan kecepatan karakter yang kita mainkan/gerakkan pada game
tersebut, contoh game yang termasuk pada jenis ini biasanya adalah jenis
platform genre seperti super Mario bross, Sonic dan Megaman. 2D merupakan suatu
konsep dimana semua objek berada pada satu bidang datar. Anda tidak bisa bebas
bergerak ke segala sisi, gerakan dibatasi hanya horizontal dan vertikal atau
secara vertikal gerakan dibatasi hanya pada sumbu x dan y.
Kemudian kembali muncul teknologi grafik komputer yang disebut dengan
2.5D atau pseudo-3D atau pada istilah game lebih dikenal dengan
isometric/diametric atau bahkan trimetric projection. Biasanya grafik seperti
ini memang mirip grafik 2D dimana objek hanya bisa bergerak secara horizontal
dan vertikal, namun beberapa gambarnya dirender secara 3D. Akhirnya pada era
1990-an grafik 2D sudah mulai ditinggalkan dan beralih ke grafik 3D yang lebih
bersifat inovatif. Grafik 3D berbeda dengan grafik 2D. Pada grafik 3D
menggunakan tiga dimensi representasi dari data geometrik yang disimpan dalam
komputer untuk tujuan melakukan perhitungan dan render gambar 2D. Sistem
koordinat pada grafik 3D terdapat 3 sumbu yaitu x, y, dan z. WCS ( world
coordinate system ), wcs adalah koordinat yg posisidan arahnya selalu tetap dan
bersifat absolute. Disini arah sumbu x,y,z yang anda masukan selalu dihitung
dari titik acuan yang sama, tidak tergantung dari arah pandang saat ini. Sistem
koordinat 3D juga bersifat UCS ( user coordinate system ), ucs adalah sistem
koordinat yang dapat diubah-ubah ( dipindah dan dirotasikan ) sesuai dengan
keinginan pengguna. Suatu objek 3D mempunyai titik/vertex (x,y,z) yang
membentuk sekumpulan luasan-luasan (face) yang tergabung dalam satu kesatuan.
Face disini disebut juga sisi. Pada objek 3D tidak semua face terlihat karena
terdapat face-face yang berada di bagian belakang dan terhalang oleh face yang
lainnya. Dalam penggunaan perngkat lunaknya, perbedaan antara 2D & 3D
kadang-kadang sulit terlihat. Hal ini dikarenakan aplikasi 2D dapat menngunakan
tehnik 3D untuk menghasilkan suatu efek seperti pencahayaan dan dalam 3D dapat
menggunakan tehnik render 2D.
Proses membuat garafik 3D mempunyai beberapa tahapan dasar. Yang pertama
yaitu 3D modeling yang menggambarkan proses pembentukan tata letak, kemudian
objek dan animasi yang menggambarkan gerakan dan penempatan objek dalam adegan,
dan tahapan 3D rendering yang memproduksi gambar objek. Pemodelan 3D
menggambarkan proses pembentukan bentuk objek dengan penggunaan perangkat
lunak. Model juga diproduksi secara prosedural atau melalui simulasi fisik.
Sebelum objek tersebut direndering, mereka harus diletakkan dalam suatu adegan.
Inilah yang mendefinisikan hubungan spesial antara objek dalam sebuah adegan
termasuk lokasi dan ukuran. Animasi mengacu pada deskripsi temporal yaitu,
objek, bagaimana bergerak dan deformasi dari waktu ke waktu. Seperti pemodelan,
simulasi fisik adalah cara lain untuk menentukan gerak. Rendering mengkonversi
model menjadi sebuah gambar baik dengan simulasi transportasi cahaya untuk
mendapatkan gambar fotorealistik sehingga objek terlihat lebih hidup.
Contoh Game 2D
Beberapa game
yang terkenal dengan grafik 2 dimensinya adalah:
Pong : game yang dibuat berdasarkan permainan tenis meja ini adalah game bergrafik dua dimensi yang pertama yang bisa dimainkan oleh dua orang, game ini terdiri dari 2 buah pemukul dan 1 bola virtual. Tujuan dari game ini adalah sama dengan tenis meja dimana para pemain harus memukul bola secara bergantian hingga salah satu tidak dapat memukul (mengenai) bola tersebut.
Pong
Space
invader : merupakan game arcade bergrafik dua
dimensi pertama kali yang dibuat pada tahun 1978 oleh Tomoshiro Nishikado.
Dimana tujuan game ini adalah menembak jatuh kapal musuh yang berupa pesawat
alien di setiap levelnya. Sampai sekarang banyak yang mengadopsi gameplay dari
permainan ini. Hal inilah yang membuktikan bahwa game akan menarik jika
gameplay yang diciptakan menarik dibandingkan dengan grafik game itu sendiri.
Space invader
Legend Of
Zelda : ini adalah game RPG dua dimensi
yang pertama kali dapat melakukan save data, sehingga user tidak perlu
mengulang lagi permainan dari awal setiap mematikan console gamenya tapi dapat
memulai dari tempat dimana ia menyimpan data game tersebut. Game ini dibuat
oleh Shigeru Miyamoto, beliau juga menciptakan game arcade terkenal lainnya
yaitu Donkey Kong dan Super Mario Bros.
Zelda
Nexia : game online
RPG keluaran BolehGame pertama di Indonesia muncul pada bulan Maret tahun 2001
dengan grafik sederhana berbasis 2D. Nexia hanya membutuhkan spesifikasi
komputer yang cukup kecil, dan bahkan bisa dimainkan di Pentium 2, dengan
grafik card 3D minimal. Game keluaran Nexus (Korea) ini juga mudah di-install
pada komputer-komputer warnet yang kebanyakan memiliki spesifikasi 'yang
penting bisa internet'. Memperkenalkan bermain game dan chat bersama pertama di
Indonesia, game dengan karakter imut kecil ini sukses tanpa mendapat saingan.
Walau 2D dan simple, game ini memberi kesan cukup mendalam pada gamer-gamernya,
terbukti setelah beberapa tahun berlalu masih banyak yang menunggu sequelnya
bahkan banyak jugamemainkan Nexia server internasional.
Nexus
Game yang
terdiri dari 4 karakter utama (mage, roque, warrior dan poet) ini mempunyai
dunia jelajah yang luas, dan disertai dengan banyak quest sesuai levelnya.
Selain itu Nexia mempunyai banyak 'side job' seperti menambang, menjahit,
menempa, yang bisa menghabiskan waktu-waktu hingga ratusan jam permainan untuk
mencapai tingkat mahaguru. Game ini ditutup sekitar tahun 2004 karena
lisensinya tidak diperpanjang lagi.
Contoh Game 3D
RO
Ragnarok Online (RO) : Game yang kisahnya diambil dari sebuh komik karya komikus terkenal Korea
ini, sudah terkenal sebelum masuk ke Indonesia. Banyak gamer Indonesia telah
antusias menunggu game ini hingga rela memainkannya dengan lag-lag di server
internasional. Ketika game yang booming di mancanegara ini masuk ke Indonesia
pada bulan Mei tahun 2003, game ini langsung diserbu para gamer melebihi
game-game sebelumnya. Game buatan Gravity (Korea) mempunyai gameplay dan gambar
anime yang sangat cocok dengan kegemaran gamer Asia, bahkan game ini cukup
sukses juga di berbagai negara Eropa.
Game keluaran PT. Lyto ini dengan mudah menarik banyak penggemar baru
bahkan dari kalangan yang non-gamer. Game yang sangat sukses ini bahkan tidak
hanya menguntungkan publishernya, tapi juga beberapa gamer bahkan membeli mobil
atau apartemen dengan jual beli barang di dalam game ini. Ragnarok Online
memakai grafik rendered 3D dengan karakter yang lucu-lucu, hingga menarik
banyak pemain gamer cewek untuk memainkannya. Bukan rahasia lagi kalau beberapa
gamer juga mendapatkan pasangannya bahkan pasangan hidup dari game ini.
Kelebihan game ini antara lain memiliki dunia luas yang bisa dijelajahi
oleh para pemainnya. Selain itu pembagian karakter dan job-nya sendiri sangat
baik bila dibanding dengan game-game lainnya. Monster, item dan peta juga
dibuat dengan sangat baik. Fitur-fitur lainnya pada game seperti karakter bisa
membuka chat room (pub), karakter yang bisa berjualan, menempa barang,
mengambil quest dan masih banyak lagi, merupakan salah satu yang membuat game
ini tidak menbosankan. Ragnarok sampai saat ini masih bertahan di Indonesia
walau banyak bermunculan game-game online baru, dan dapat dikatakan bahwa
Ragnarok merupakan game online tersukses di Indonesia.
Sumber :
http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/457/jbptunikompp-gdl-prasetyoad-22806-6-unikom_p-i.pdf
http://gameprogramming.blog.ittelkom.ac.id
http://en.wikipedia.org
http://g2hcombro.wordpress.com
http://itwithmoonfang.blogspot.com
http://wartawarga.gunadarma.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar